Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ancaman Penyakit Tidak Menular Tak Bisa Disepelekan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Oktober 2023 - 05:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng mengingatkan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) menyumbang angka kematian yang tidak sedikit.

“Menurut WHO 2010, data hasil dari Global Report on Non Communicable Disease (NCD) menunjukkan bahwa persentase kematian akibat PTM menempati proporsi yang cukup besar yaitu 63 persen,” ungkap Kepala Dinkes Kalteng, Suyuti Syamsul, saat kegiatan pelatihan di Neo Hotel Palangka Raya, Selasa, 24 Oktober 2023.

Ia mengingatkan Indonesia menduduki peringkat ketiga untuk jumlah perokok terbesar dan jumlah perokok dunia dan nomor satu di ASEAN setelah Cina dan India.

“Data Global Adult Tobacco Survey (GATS) 2011, menunjukkan bahwa prevalensi perokok di lndonesia adalah sebesar 36,1 persen,” ungkapnya.

Kemudian, rata-rata jumlah batang rokok yang dikonsumsi pada tahun 2010 adalah 10 batang pada laki-laki dan 6 batang pada perempuan dalam sehari.

Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar menjadi pasar potensial bagi pengusaha rokok, dikarenakan adanya kebebasan bagi pengusaha rokok untuk mengiklankan, mempromosikan, dan mensponsori berbagai kegiatan di masyarakat. (HERMAWAN DP/j)

 

Berita Terbaru