Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kredensial Dokter Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Oktober 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Tim Kredensial yang terdiri atas Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau dan Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Lamandau menggelar Pertemuan Kredensial Tenaga Dokter Umum Puskesmas se-Kabupaten Lamandau.

Kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu syarat akreditasi Puskesmas di Kabupaten Lamandau, diikuti oleh seluruh dokter umum Puskesmas se-Kabupaten Lamandau.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau, Rosmawati mengatakan, Kredensialing dilaksanakan pihaknya dengan tujuan agar mendapatkan tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi sesuai profesi dan dapat menjalankan kewenangan klinis yang diberikan.

“Sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan, memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, perlindungan kepada SDM serta meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga pasien,” ungkap Rosmawati di Nanga Bulik, Kamis, 26 Oktober 2023.

Kadis menjelaskan, Kredensial adalah suatu proses yang digunakan untuk melakukan verifikasi terhadap kualifikasi, pengalaman, profesionalisme yang berhubungan dengan kompetensi, performance, dan profesionalisme tenaga Kesehatan dalam suatu profesi.

“Hal ini diperlukan dalam menunjang pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan mengutamakan aspek keselamatan pasien,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan itu dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas yang ada di kabupaten Lamandau. Pun demikian memberikan jaminan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kredensial tenaga kesehatan di Puskesmas, kata dia, merupakan sebuah kebijakan baru, tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kebijakan ini dilatarbelakangi oleh keinginan yang kuat untuk meningkatkan mutu Puskesmas dari aspek sumber daya manusia di Puskesmas.

“Ini akan digelar rutin tiap 5 tahun sekali, tapi ini memang baru pertama kali diadakan, karena juknisnya baru keluar, yakni keputusan dirjen pelayanan kesehatan tentang juknis Kredensial tenaga kesehatan di Puskesmas,” imbuhnya.

Diketahui, dari 11 puskesmas yang ada di kabupaten Lamandau, seluruhnya sudah memiliki dokter umum. Namun kendalanya SDM masih kurang, seperti puskesmas rawat inap tapi dokternya hanya ada satu, misalnya  Puskesmas rawat inap di Bayat, Tapin bini, dan  bukit jaya.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru