Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

241 Kasus DBD Terdeteksi di Kota Palangka Raya, Penanganan dan Upaya Pencegahan Terus Dilakukan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 28 Oktober 2023 - 08:53 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam periode Januari hingga Oktober 2023 ini, tercatat sebanyak 241 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Palangka Raya. Hal itu membuat pihak terkait terus berupaya melakukan penanganan dan pencegahan.

Data ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya drg Andjar Hari Purnomo. Dirinya menyebutkan dalam setiap bulannya selalu ada kasus, bahkan pada Agustus 2023 lalu mencapai 50 kasus.

Januari 14 kasus, Februari 18 kasus, Maret 20 kasus, April 22 kasus, Mei 21 kasus, Juni 20 kasus, Juli 11 kasus, Agustus 50 kasus, September 42 kasus, dan Oktober 23 kasus.

Total kasus mencapai 241, menunjukkan tren yang perlu mendapat perhatian serius dari pihak berwenang.

Dalam upaya penanganan kasus DBD, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas, termasuk Puskesmas Bukit Hindu dan Panarung. Penanganan yang cepat dan tepat menjadi kunci dalam mengurangi dampak dan risiko DBD bagi warga.

"Faktor penyebab DBD diduga kuat adalah lingkungan yang kurang bersih, menciptakan peluang bagi nyamuk Aedes aegypti, vektor penyakit DBD, untuk berkembang biak," katanya, Sabtu 28 Oktober 2023.

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan seperti pembersihan lingkungan dan pengendalian vektor terus diintensifkan. Selain itu pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Upaya pencegahan dan penanganan DBD akan terus ditingkatkan untuk menjaga kesehatan masyarakat Kota Palangka Raya. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan demi mencegah penyebaran penyakit ini.

"Kesadaran dan kerjasama masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah faktor penting dalam pencegahan DBD. Kami terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada warga," Pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru