Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Senin, Warga Tumbang Kalang bakal Gelar Demo

  • 21 April 2016 - 20:03 WIB

RATUSAN warga Desa Tumbang Kalang, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bersama Forum Bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (Forbes LSM) Kotim, berencana akan menggelar aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Kotim, Senin (25/04/2016).

Ketua Forbes LSM Kotim Audy Valent mengatakan, aksi yang digelar warga bersama gabungan LSM itu akan menyampaikan tuntutan kepada PT Bangkitgiat Usaha Mandiri (BUM), sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kecamatan Antang Kalang. 

'Pada prinsipnya Forbes LSM melakukan pendampingan terhadap warga Desa Tumbang Kalang dalam aksi demo nanti,' kata dia, Kamis (21/4/2016).

Menurut Audy, tuntutan yang disampaikan warga Desa Tumbang Kalang kepada PT BUM sangat wajar, sebab perusahaan telah mengabaikan hak-hak masyarakat. Berbagai tuntutan warga terhadap perusahaan juga seringkali diabaikan dan dibiarkan berlarut-larut tanpa ada penyelesaian. 

'Kami tidak ingin warga hanya menjadi penonton dalam investasi perkebunan kelapa sawit. Investor menikmati hasil sumber daya alam di daerah, tetapi hak-hak masyarakat setempat diabaikan,' tegas dia.

Terpisah, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Antang Kalang Hardy P Hady mengatakan, banyak permasalahan antara warga dan PT BUM yang sampai saat ini tidak ada kejelasan penyelesaiannya. Hal ini yang memicu kemarahan warga terhadap perusahaan. 

'Seperti kebun plasma yang dijanjikan PT BUM kepada 488 masyarakat anggota plasma Desa Tumbang Kalang sejak 2003, sampai saat ini tidak jelas pertanggungjawabannya,' kata Mantan Kepala Desa Tumbang Kalang itu.

Sebelumnya, pada akhir Maret lalu, ratusan warga setempat juga mendatangi PT BUM dan melakukan aksi penutupan (menyegel) pabrik karena dianggap mencemari Sungai Hanya. (RF/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru