Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Kemenag Kotim: Mantapkan Niat MTQ dan FSQ untuk Ibadah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 29 Oktober 2023 - 11:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Khairil Anwar mengatakan masyarakat harus memantapkan niat bahwa event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Festival Seni Qasidah atau STQ untuk ibadah.

"Di setiap event penyelenggaraan MTQ dan seni qasidah seperti saat ini sepatutnya kita senantiasa memperbarui dan memantapkan niat bahwa penyelenggaraan ini dalam rangka ibadah," kata Khairil Anwar saat membuka MTQ ke-54 dan Festival Seni Qasidah Tingkat Kabupaten di Parenggean, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Karena yang dilombakan adalah kalam-kalam Tuhan atau firman-firman Tuhan yang syarat dengan seni-seni islami.

Penyelenggaraan MTQ dan seni qasidah harus diarahkan dalam upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkam masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup insan paripurna.

"Sangat keliru apabila kegiatan ini hanya dipahami dari sisi kegiatan syiar agama tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai yang lebih bermanfaat dan kemaslahatan yang menyertainya," ujarnya.

Pemahaman dan kesadaran ini perlu dibangun dalam memerangi pikiran bahwa MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial. Tetapi menjadi momentum strategis dalam mewarnai pembangunan dan perilaku kehidupan dalam nilai-nilai Islami untuk mewujudkan insan berakhlak mulia. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru