Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat TPS di Lamandau Berkategori Sangat Rawan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 Oktober 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Polres Lamandau mulai melakukan pemetaan kerawanan Pemilu serentak tahun 2024 di daerah setempat. Meski saat ini situasi secara umum kondusif, namun beberapa wilayah tempat pemungutan suara (TPS) masuk ke dalam kategori rawan.

“Untuk TPS dengan kategori sangat rawan ada 4 TPS, yakni di Desa Kina, Desa Jemuat, Desa Karang Mas dan Desa Batu Tambun,” ungkap Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono saat dikonfirmasi pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Bronto menjelaskan, penentuan kategori sangat rawan ini berdasarkan kesulitan jangkauan akses, dimana desa tersebut masih harus dijangkau melalui jalur sungai dan daerah nya masih blank spot. Sedangkan untuk TPS dengan kategori rawan, 24 TPS dan untuk kategori kurang rawan ada 279 TPS.

Kapolres menjelaskan, setidaknya ada sekitar 180 personel Polres Lamandau yang akan diturunkan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, atau 2/3 dari jumlah personil Polres Lamandau yang ada. Gelar pasukan juga telah dilaksanakan dan pihaknya mengaku siap melaksanakan pengamanan pemilu.

“Nantinya, setiap personel akan mengamankan 2 sampai 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS), tergantung dari tingkat kerawanannya, dibantu dengan Linmas setempat,” tandas Bronto Budiyono.

Empat bulan menuju pemungutan suara, kata Kapolres, pihaknya terus memastikan kondisi wilayah hukum Kabupaten Lamandau terutama masalah Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) kondusif. Dari catatan pihaknya, tindak kejahatan yang terjadi terus mengalami penurunan.

Hal ini dapat dilihat dari kasus kejadian kriminalitas  dalam satu bulan terakhir, berdasarkan laporan polisi hanya ada satu kejadian yakni pencurian TBS (Tandan Buah Segar). Kemudian untuk kecelakaan lalu lintas, jumlahnya menurun jika di banding bulan sebelumnya.

“Semoga saja sampai nanti saat pencoblosan wilayah Kabupaten Lamandau tetap kondusif, sehingga pengamanan Pemilu bisa berjalan lancar seperti yang kita semua harapkan, utamanya Polri,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru