Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Kapuas Sosialisasikan Implementasi Sekolah Inklusif di Kecamatan Kapuas Hulu

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Oktober 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi implementasi sekolah inklusif di Kecamatan Kapuas Hulu, bertempat di SMPN 1 Kapuas Hulu Sei Hanyo. 

Kegiatan sosialisasi implementasi sekolah inklusif tersebut diikuti oleh seluruh kepala SD dan SMP se Kacamatan Kapuas Hulu.

Kabid Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Kapuas, Agustin membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa sesuai amanat undang - undang dasar 1945 pasal 31 ayat 1 berbunyi setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan.

Selanjutnya sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menunjukkan bahwa negara memberikan jaminan kepada semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus dalam memperoleh kesempatan dan layanan pendidikan yang sama dengan anak yang lainnya.

"Sehingga, tujuan dilaksanakannya sosialisasi implementasi sekolah inklusif di Kecamatan Kapuas Hulu kemarin itu, agar seluruh satuan pendidikan yang ada anak berkebutuhan khusus wajib melaksanakan pendidikan Inklusif," katanya, Minggu, 29 Oktober 2023.

Kemudian, lanjut dia, agar satuan pendidikan tidak menolak jika ada anak yang berkebutuhan khusus mau masuk sekolah di setiap satuan pendidikan, khususnya Satuan Pendidikan wilayah Kecamatan Kapuas Hulu.

Hal tersebut ditegaskan lagi dengan di keluarkan Permendikbud terbaru no 48 tahun 2023 tentang kewajiban sekolah formal mengakomodasi dan memfasilitasi kebutuhan peserta didik penyandang disabilitas.

"Dengan demikian sudah tidak ada alasan bagi Satuan Pendidikan untuk tidak melaksanakan sekolah inklusi," tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kapuas Hulu, Kampanye menyambut baik adanya sosialisasi yang dilakukan Disdik Kapuas, pihaknya juga sangat mendukung program tersebut.

"Kami siap melaksanakan pendidikan inklusif karena di sekolah ini juga ada beberapa orang anak yang berkebutuhan khusus," ucapnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru