Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Identitas Kependudukan Digital Berikan Beragam Kemudahan

  • Oleh Hendri
  • 30 Oktober 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Dukcapil Palangka Raya Fifi Arfina, memberikan penjelasan mengenai beragam manfaat yang diperoleh dengan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Menurutnya, penggunaan IKD memberikan beragam kemudahan serta efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

IKD yang merupakan inovasi terbaru dalam pengelolaan data kependudukan, memberikan sejumlah manfaat nyata kepada masyarakat.

"Salah satunya adalah kemudahan dalam pelayanan administratif seperti pengurusan dokumen kependudukan, pendaftaran pemilih dan pengajuan berbagai izin resmi," katanya, Senin, 30 Oktober 2023.

Selain itu, IKD juga membantu masyarakat dalam mengakses layanan publik secara online. Ini mencakup pelayanan kesehatan, pendidikan dan keamanan, yang dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui sistem IKD.

Kemudian soal aspek keamanan data, Fifi menjelaskan bahwa IKD telah dirancang dengan teknologi canggih untuk melindungi informasi pribadi masyarakat.

"Hal ini memberikan rasa aman kepada individu yang menggunakan IKD dalam transaksi dan kegiatan sehari-hari," jelasnya.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang beralih ke Identitas Kependudukan Digital, Dinas Dukcapil  berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan mengedukasi masyarakat tentang manfaatnya.

"Inovasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah proses administratif dan meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan publik," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru