Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Pemilik Kucing Soal Vaksin Rabies di Palangka Raya Meningkat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Oktober 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Kesehatan Hewan Kesehatan Masyarakat Veteriner Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya drh Ganjar Priyatno mengatakan, kesadaran pemilik kucing soal vaksin rabies di Kota Cantik tampaknya meningkat tahun ini.

"Tahun ini kesadaran masyarakat pemilik kucing tampaknya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya ya," kata Ganjar kepada Borneonews pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Memang kucing, lanjut Ganjar, merupakan hewan yang masuk dalam kategori Hewan Penular Rabies atau HPR sehingga harus diberikan vaksin rabies.

"Apalagi kan tahun ini ada dua kasus rabies pada kucing, sehingga kesadaran masyarakat juga tampaknya meningkat," tuturnya lagi.

Ya, memang tahun ini ada ada lima kasus positif rabies pada HPR. Dua di antaranya adalah kasus pada kucing sedangkan tiga sisanya terjadi pada anjing.

"Sampai akhir September 2023 hewan yang dinyatakan positif rabies ialah dua ekor kucing dan tiga ekor anjing. Jadi memang 98 persen penular Rabies itu dari anjing tapi ternyata yang 2 persen juga tidak bisa diremehkan karena memang sudah merambah dan menjangkiti kucing," bebernya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru