Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Timur Masuk Musim Hujan, Waspadai Pohon dan Baliho Rawan Tumbang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 November 2023 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi Kabupaten Barito Timur mulai memasuki musim hujan pada dasarian I (10 hari pertama) November 2023. Karena itu masyarakat maupun instansi terkait diingatkan agar mewaspadai dampak yang ditimbulkan.

"Untuk awal Nopember ini wilayah Barito Timur memasuki musim hujan, kami mengimbau agar masyarakat waspada jika terjadi hujan lebat biasanya disertai petir, angin kencang dan  jalan yang licin. Kemudian untuk dinas terkait dimohon agar memantau kondisi pohon dan baliho yang rawan tumbang atau roboh guna meminimalisir dampak kerugian yang ditimbulkan," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas IV Sanggu Nur Setiawan, Rabu, 1 November 2023.

Dia menambahkan, durasi musim hujan di Barito Timur diprakirakan berlangsung selama 21 hingga 22 dasarian atau dari bulan November 2023 hingga Mei 2024.

"Puncak musim hujan kali ini diprediksi terjadi pada Januari 2024, atau mundur satu bulan dari  rata-rata yang biasanya terjadi pada Desember," jelas Nur Setiawan.

Awal musim hujan di Barito Timur tahun ini mundur 3 dasarian atau 30 hari dari rata-rata awal musim hujan yang biasanya jatuh pada dasarian I bulan Oktober.

Wilayah Barito Timur sendiri masuk dalam Zona Musim (ZOM) Kalteng 11 yang meliputi wilayah Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui, Pematang Karau dan Kecamatan Raren Batuah. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru