Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Banjir di Tengah Teror Buaya di Kotim, Sempat Tidak Makan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 30 April 2024 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim gabungan berhasil mengevakuasi 2 korban banjir di tengah teror kemunculan buaya di Sungai Lembur Kuring, Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Senin malam, 29 April 2024.

"Kita berhasil evakuasi pak Dahri dan istrinya Badriyah. Pengakuan beliau dari tadi siang belum makan," kata Wakil Bupati Kotim Irawati yang ikut dalam Evakuasi tersebut.

Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Manggala Agni Pondok kerja Sampit dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Sampit bahu membahu mengevakuasi korban yang rumahya terkepung banjir menggunakan perahu karet bermotor.

Buaya muncul di tengah-tengah banjir di sekitar Sungai Lembur Kuring tersebut membuat tim gabungan terus waspada. Bahaya serangan reptil itu mengintai karena lokasi gelap minim pencahayaan. 

Irawati mengatakan, korban Dahri (70) dan Badriyah (68) tidak berani keluar rumah karena banjir cukup tinggi mengepung rumah mereka. Mereka menyadari ada buaya di sekitar tempat tinggalnya dan semakin membuat ketakutan.

"Mereka sehari-hari bertani sayur, tidak bisa turun sudah satu setengah hari karena biasanya menggunakan sepeda motor," ujarnya.

Diketahui keberadaan buaya di sekitar rumah korban karena keberadaan kandang ayam di rumah tersebut. Buaya berukuran lumayan besar mengincar makanannya, membuat sepasang suami istri itu semakin ketakutan saat terkepung banjir. Kemudian menghubungi anaknya untuk mencari bantuan BPBD Kotim. 

Irawati apresiasi tim yang kompak dan berani di lapangan demi menyelamatkan nyawa sepasang suami istri lanjut usia itu.

"Kita sempat deg-degan, tetapi demi kemanusiaan kita harus lakukan evakuasi. Setelah operasi penyelamatan, mereka langsung dibawa anaknya," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru