Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bapanas: Komoditas Beras Perlu Diperhatikan Meski Inflasi Kalteng di Bawah Nasional

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 November 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengakui angka inflasi Kalteng berada di bawah angka nasional. Meski demikian, harus tetap memperhatikan inflasi terutama komoditas beras.

 "Kalteng sama seperti nasional beras masih menjadi konsen kami, harga masih tinggi," ungkap Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Badan Pangan Nasional, Maino Dwi Hartono saat mengikuti rakor di Best Western Hotel Batang Garing Palangka Raya, Rabu, 1 November 2023.

Ia mengatakan pihaknya dengan pemerintah dibawahnya bersama-sama menjaga komoditas beras terutama sampai akhir tahun dan menjelang panen berikutnya.

Maino menilai untuk komoditas lain di Kalteng masih cukup terkendali dan masih normal, walaupun memang ada beberapa komoditas yang mungkin tergantung dari daerah lain.

“Misalnya beberapa komoditas yang masih tergantung dari pulau Jawa seperti komoditas gua,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, untuk komoditas yang berasal dari luar daerah perlu menjadi perhatian kepala daerah serta tim satgas pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

“(Tim ini) akan memonitor secara rutin ada yang harian, mingguan, ada yang bulanan terkait pangan,” tuturnya.

Melalui monitoring berkala diharapkan dari awal sudah dapat terdeteksi daerah dan komoditas apa yang trennya naik menjelang hari besar nasional, sehingga bisa diantisipasi termasuk upaya penanganannya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru