Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemah Karang Pamitran Cabang Wadah Transfer Pengetahuan dan Keterampilan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 November 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kemah Karang Pamitran cabang 2023 Kwarcab Kotawaringin Timur (Kotim) diharapkan menjadi wadah transfer pengetahuan dan keterampilan antar pembina Pramuka.

"Saya berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kumpul-kumpul para pembina, tetapi dapat menjadi wadah merekatkan persatuan dan kesatuan para pembina dan pelatih pramuka," kata Asisten II Sekretariat Daerah Kotim Alang Arianto saat membuka kemah karang pamitran cabang 2023 kwarcab Kotim di Linusa Garden Kecamatan Kota Besi, Kamis, 2 November 2023.

Selanjutnya pembina dan pelatih pramuka mampu menanamkan nilai-nilai dan karakter pramuka ke setiap generasi muda penerus bangsa, terutama peserta didik di gugus depan atau saka masing-masing.

Untuk itu, transfer pengetahuan dan keterampilan antar pelatih dan pembina sangat diperlukan, tidak hanya teknik kepramukaan, tetapi juga terkait dengan inovasi dan kewirausahaan serta kecakapan hidup lainnya. 

"Jangan sampai anggota pramuka, setelah tamat pendidikan, baik SMA atau kuliah, mereka kembali ke masyarakat kebingungan mencari kerja, karena mereka tidak mempunyai keterampilan dan kecakapan hidup," ujarnya. 

Untuk itu, kemampuan pembina harus terus diasah dan ditingkatkan, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi peserta didiknya. 

Dia pun apresiasi lokasi karang pamitran cabang dilakukan di tempat wisata. Ini merupakan terobosan dan kolaborasi, di mana pada satu sisi gerakan pramuka melaksanakan kegiatan, di sisi lain menghidupkan obyek wisata dan usaha kecil.

"Semoga dengan pelaksanaan kegiatan di tempat ini dapat memunculkan ide kreatif dari para pembina dan peserta karang pamitran untuk mengembangkan wisata di daerah masing-masing," katanya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru