Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Lanjutan Jawaban Wagub Kalteng Atas Pemandangan Umum Fraksi Pendukung DPRD

  • Oleh Donny Damara
  • 03 November 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rapat paripurna DPRD Kalteng ke 7 masa persidangan III tahun sidang 2023, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi Pendukung DPRD Kalteng.

Kemudian Edy menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari Fraksi Golkar terkait perencanaan dan penerimaan PAD tahun anggaran 2024.

Edy mengatakan, dalam merencanakan target tersebut Bapedda berpedoman pada RUU APBD tahun 2024 yang terdapat dalam Perpres tentang Rincian APBN tahun anggaran 2024. 

Selain itu dengan akan ditetapkannya raperda tentang pajak dan retribusi daerah yang diharapkan mampu meningkatkan PAD dalam pertumbuhan perekonomian.

Selanjutnya, menanggapi beberapa hal yang disampaikan oleh Fraksi Partai Gerindra, Pemprov Kalteng juga sependapat dengan pendapat dari Fraksi ini yaitu semuanya itu untuk peningkatan kesejahteraan rakyat Kalteng.

"Yang kami tangkap dari pendangan umum Fraksi Partai Gerindra itu yakni terkait penggunaan analisis standar belanja untuk penyelenggaraan anggaran daerah yang efektif dan efisien," ucapnya.

"Kami sampaikan bahwa saat ini proses rancangan peraturan kepala daerah tentang analisis standar belanja sudah dalam proses pengajuan untuk segera disahkan oleh kepala daerah, dan akan di evaluasi oleh Kemendagri pada proses selanjutnya," tambahnya.

Sementara itu, menanggapi pemandangan umum dari Fraksi Nasdem mengenai target PAD yang seharusnya bisa lebih dioptimalkan.

Edy menuturkan, hal ini sudah melewati berbagai analisa oleh SKPD terkait. Untuk penerimaan pendapatan itu disesuaikan dengan kondisi dan keadaan ekonomi masyarakat Kalteng dan juga berbagai inovasi yang dilakukan guna meningkatkan PAD.

Edy juga menyampaikan tanggapan dan penjelasan terhadap pertanyaan Fraksi Partai Demokrat yaitu terkait penurunan angka pengangguran di Kalteng.

Berita Terbaru