Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Barito Utara Apresiasi Dinsos PMD Gelar Pelatihan Profil Desa

  • Oleh Ramadani
  • 04 November 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Iqbal Reza Erlanda mengapresiasi Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) setempat yang telah melaksanakan pelatihan profil desa selama dua hari di Gedung Balai Antang, 1 - 2 November 2023 lalu.

“Saya mengapresiasi kegiatan tersebut. Profil desa dianggap penting karena hal itu memberikan gambaran menyeluruh, tentang karakter desa seperti data dasar keluarga, potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa,” kata Iqbal Reza Erlanda, Jumat, 3 November 2023.

Menurut Iqbal, selain menjadi dasar penetapan sasaran program pembangunan desa, profil desa juga bisa digunakan sebagai dasar melakukan penilaian dan evaluasi tingkat keberhasilan desa dan penentuan status perkembangan desa dan kelurahan.

Hal tersebut, kata dia, berdasarkan hasil analisis laju perkembangan desa dan kelurahan setiap tahun yang digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan desa dan kelurahan setiap lima tahun dalam menentukan klasifikasi desa dan kelurahan dengan status swasembada, swakarya, dan swadaya.

Dikatakan Iqbal, kenapa kegiatan pelatihan Profil Desa ini dilaksanakan. Karena hal tersebut untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh tentang karakteristik suatu Desa dan Kelurahan melalui potensi, tingkat perkembangan dan masalah–masalah yang dihadapi dalam rangka pengembangan.

Kemudian kata politisi Partai Demokrat Barito Utara ini, untuk menyamakan persepsi dari berbagai pemerataan pembangunan tentang data Desa dan Kelurahan yang hasilnya dapat memberikan iklim yang mendorong bagi terciptanya koordinasi dan keterpaduan dalam rangka mencapai keberhasilan pemberdayaan masyarakat.

Dirinya mengharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan profil desa yang diikuti 93 desa se Kabupaten Barito Utara tersebut dapat mempercepat implementasi penyusunan profil desa dan kelurahan berbasis Informasi Teknologi (IT), yang relevan sebagai dasar Perencanaan Pembangunan.

“Dan juga untuk meningkatkan ketersediaan data keluarga sebagai gambaran menyeluruh terhadap potensi dan perkembangan keluarga di masing-masing desa atau kelurahan di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata dia. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru