Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Pantai Sukamara jadi Penyangga TNTP

  • 22 April 2016 - 19:59 WIB

PENGEMBANGAN objek wisata pantai di Kabupaten Sukamara sebagian diproyeksikan sebagai penyangga objek wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). Dua diantara pantai yang akan dikembangkan adalah Pantai Tanjung Selaka Desa Sei Damar dan Tanjung Nipah Desa Sungai Raja.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Pariwisata (Dishubkominfobudpar) Sukamara, Fandedi melalui Kabid Budaya dan Pariwisata, HM. Isnaini menjelaskan kedua lokasi pantai tersebut telah memenuhi syarat administrasi untuk diajukan sebagai objek pengembangan pariwisata. Diantara syarat yang telah terpenuhi seperti Detail Engineering Design (DED) atau sering disebut dengan bestek, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

'Pengembangan sudah diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK). Diperkirakan pengembangan kedua objek wisata tersebut memerlukan anggaran Rp 56 Milyar,' kata Isnaini.

Untuk melengkapi usulan, pihak pemerintah pusat juga meminta agar diajukan data dukungan dan sudah dibuat. Dukungan pemerintah daerah yang sudah ada saat ini seperti terbangunnya infrastruktur jalan dan beberapa fasilitas yang terbangun dengan melibatkan beberapa instansi terkait lainnya.

'Peraturan Daerah (Perda) pengembangan objek pariwisata tersebut juga dalam proses Rencana Peraturan Daerah (Raperda) dan siap disampaikan ke lembaga legislatif untuk dibahas. Dengan adanya pengembangan tersebut diharapkan menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Sukamara,' terang Isnaini. 

(fah/B-5)

Berita Terbaru