Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kotim Jemput Bola Adminduk untuk Warga Sakit dan Lansia

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 06 November 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan layanan jemput bola administrasi kependudukan (adminduk) untuk warga yang sakit dan lanjut usia (lansia).

"Sebelumnya kami melakukan perekaman KTP-el bagi pasien yg dirawat di RSUD dr Murjani Sampit, karena saat sehat belum melakukan perekaman KTP-el," kata Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang, Senin, 6 November 2023.

Layanan jemput bola di RSUD dr Murjani dilakukan selama 1 hari. Sementara pencetakan KTP-el dilakukan di kantor Disdukcapil menunggu data tunggal dari pusat.

Dia mengatakan, Disdukcapil juga melakukan layanan jemput bola di rumah warga jika ada permohonan perekaman penduduk yang sedang sakit atau lansia dan tidak bisa ke Kantor Disdukcapil atau ke Kantor Camat.

Layanan jemput bola bukan hal baru, Disdukcapil Kotim sering membuka layanan tersebut di Kecamatan atau kantor desa jika mendapat permintaan.

Layanan tersebut dibuka gratis oleh Disdukcapil Kotim untuk mempermudah masyarakat terutama bagi daerah yang jauh dari Kantor Disdukcapil atau Mal Pelayanan Publik. 

"Layanan ini juga sangat membantu dan memudahkan bagi warga yang sakit dan tidak bisa datang ke kantor untuk perekaman KTP," ujarnya.

Adapun layanan yang dibuka saat jemput bola ialah perekaman KTP, pembuatan kartu keluarga, akte, aktivasi IKD dan lain sebagainya.

Agus memaparkan berdasarkan data Agregat Penduduk Semester I Tahun 2023, jumlah wajib KP-el 308.051 jiwa dan telah melakukan perekaman sebanyak 304.961 atau 99 persen. Sementara jumlah penduduk Kotim sebanyak 433.679 jiwa terdiri dari laki-laki sebanyak 224.299 jiwa dan perempuan 209.380 jiwa. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru