Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan IKM di Kalteng Perlu Terus Didukung

  • Oleh Donny Damara
  • 07 November 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mengatakan, pengembangan industri kecil menengah (IKM) yang ada di wilayah Kalteng ini perlu terus didukung oleh semua pihak.

Menurutnya, IKM memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan dan dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerah maupun terbukanya lapangan pekerjaan, sehingga dukungan baim pemda maupun masyarakat sangat diharapkan.

"Ada banyak IKM di Kalteng ini baik yang dikelola berkelompok maupun individu diberbagai bidang, hendaknya mereka didukung agar bisa terus berkembang guna meningkatkan ekonomi daerah dan juga pelaku IKM itu sendiri," katanya, Selasa, 7 November 2023.

Dari pemerintah, ujarnya dukungan yang bisa diberikan bisa berupa bantuan permodalan, sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung pengembangan hingga pelatihan maupun bimbingan agar pelaku IKM bisa meningkatkan pengetahuan dalam berinovasi.

Selain itu, masyarakat dalam mendukung IKM ini hendaknya bisa dengan membeli produk yang dihasilkan oleh IKM lokal. Pasalnya, produk IKM lokal dari segi kualitas tidak kalah bersaing dengan produk luar, sehingga membeli produk lokal juga dapat membantu IKM berkembang.

"Di sisi lain juga kita berharap produk IKM lokal Kalteng dari segi pemasaran bisa berkembang jauh lagi yakni hingga sampai manca negara melalui kegiatan ekspor. Nah, ini juga perlu dukungan semua pihak dalam mempromosikannya," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru