Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dukung Pemekaran DOB di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 09 November 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng Sengkon mengatakan, pihaknya tentu sangat mendukung adanya pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kalteng ini.

Menurutnya, Kalteng dengan letak geografis yang luas memang sudah seharusnya dimekarkan dan dibagi menjadi beberapa provinsi, dengan begitu pembangunan pun akan lebih cepat merata.

"Luas Kalteng ini satu setengah kali pulau Jawa, tapi hanya terdiri atas satu provinsi, sedangkan pulau Jawa banyak provinsi disana, hanya saja penduduknya yang banyak," ucapnya, Kamis, 9 November 2023.

Ia menuturkan, Kalteng dimekarkan menjadi tiga provinsi sangat memadai, namun harus ada pemekaran satu kabupaten baru lagi, sebab dalam aturannya satu provinsi itu minimal memiliki lima kabupaten.

"Kalteng saat ini memiliki 14 kabupaten/kota, dan perlu satu kabupaten lagi agar bisa dimekarkan menjadi tiga provinsi, karena itu merupakan syarat dalam undang-undang tentang pembentukan DOB," jelasnya.

Selain itu, ia pun mendukung permintaan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran kepada Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin beberapa waktu lalu agar Kalteng diprioritaskan jika moratorium DOB dibuka.

"Harapan kita Kalteng benar-benar bisa diprioritaskan nantinya, karena kita menilai banyak dampak positif dari pembentukan DOB ini salah satunya yaitu mempercepat pembangunan," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru