Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Roro Wide Sulistyowati Sebut Dua Isu Pencegahan Korupsi Sektor Bisnis

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 November 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Satuan Tugas Direktorat Antikorupsi Badan Usaha Kedeputian Pencegahan dan Monitoring KPK RI Roro Wide Sulistyowati menyebut, ada dua isu ingin dibahas dalam pencegahan korupsi sektor bisnis.

Dua isu tersebut terkait sertifikasi hasil tambang, dan terkait pelimpahan kewenangan perizinan galian C dari pusat ke daerah.

“Hal ini ada penyesuaian oleh pelaku usaha ketika harus mengurus ijin di pemerintah daerah,” ungkapnya saat rapat secara virtual, Kamis, 9 November 2023.

Roro menegaskan KPK tidak berada dipihak manapun, baik dipihak pelaku usaha maupun pihak pemerintah daerah.

“Tujuan KPK untuk pencegahan tindak korupsi, dan bagaimana kita membuat suatu sistem untuk menjaga pemerintah daerah dari aduan-aduan yang kami terima ini,” sebutnya.

Ia mengatakan, berkaitan dengan tambang pasir yang tadinya ditarik ke pusat dan sekarang dikembalikan lagi ke daerah.

“Pada saat aduan yang kami terima ini, mungkin ada kebingungan ketika pelaku usaha mengakses hasil galian C, ternyata tidak clean and clear karena mungkin saja hasil galiannya tidak berizin dan bahkan mungkin pajaknya juga belum disetorkan,” ungkapnya.

Dia mengatakan kasus yang kedua tersebut pihaknya lebih mendorong agar dilaksanakan sosialisasi, karena sejak perizinan turun ke pemerintah daerah, tentu pemerintah daerah harus kembali mengaktifkan perizinan galian tambang ini dengan beberapa penyesuaian.

Sebagai informasi, rapat ini dihadiri olek Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Nuryakin didampingi Kepala Biro Hukum Maskur, serta beberapa kepala perangkat daerah Kalteng terkait. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru