Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Udang Laut Besar Langka, Udang Galah Tambak jadi Idola

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 November 2023 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akibat pasokan udang laut ukuran besar langka di pasar tradisional, udang galah tambak ukuran besar pun menjadi idola.

Pantauan Borneonews, udang laut yang ukurannya sedang dibanderol dengan harga Rp80.000 per Kg, naik dari harga Rp70.000 dari hari sebelumnya.

Meskipun harganya naik, ukuran udang yang dijual adalah udang yang sebelumnya dihargai Rp70.000 per Kg di Pasar Rajawali, Palangka Raya.

"Udang besarnya belum ada, yang paling besar yang ukuran sedang ini saja harganya Rp80.000 per Kg, lalu ada Rp70.000 dan yang paling murah itu yang paling kecil Rp55.000 per Kg, naik juga. Sebelumnya kan Rp50.000 yang paling kecil itu," tutur salah seorang pedagang produk laut di Pasar Rajawali Palangka Raya, Yuli pada Jumat, 10 November 2023.

Akibat langkanya udang laut ukuran besar, para pedagang pun mengakali penjualan dengan menyediakan udang galah tambak berukuran besar bahkan jumbo.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap udang ukuran besar yang tidak bisa dipenuhi dari produk laut.

"Adanya udang sungai atau udang tambak saja kalau yang besar, udang galah ini Rp180.000 pe Kg," tutur penjual lainnya, Agus.

Menurut Agus, memang ada pembeli yang tidak menginginkan udang ukuran dan kecil dan ke pasar dengan tujuan membeli udang ukuran besar yang segar.

"Ada pecintanya memang udang besar ini, makanya kalau stoknya kosong susah juga. Jadinya tidak bisa memenuhi permintaan pasar. Untungnya ada udang galah ini. Walau tidak sama dengan udang laut, tapi cukup digandrungi juga," bebernya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru