Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hubungan Sesama Jenis Rawan Terjangkit Penyakit Menular

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 November 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pendidikan seksual pada remaja sangat penting, hal ini untuk membekali dan menyadarkan anak pentingnya menjaga kesehatan, kesejahteraan dan martabat mereka dengan cara penanaman perlindungan diri, dalam mengembangkan hubungan sosial dan seksual yang baik.

Perkawinan usia anak atau mempelai yang berusia di bawah 18 tahun rentan dengan masalah, mulai dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), melahirkan anak yang berpotensi stunting, permasalahan pada organ reproduksi maupun masalah emosional karena memang belum matang secara fisik maupun psikologi. Belum lagi ancaman putus sekolah.

“Kalau hubungan seksual dengan lawan jenis kan itu tadi resikonya, lalu bagaimana kalua hubungan seksual dengan sesame jenis atau LGBT. Apakah sama berbahayanya,” tanya Cantika, siswi SMAN 3 Pangkalan Bun saat mengikuti Seminar Pencegahan Perkawinan Anak di Aula Patria Tama, Jumat, 10 November 2023, kemarin.

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr Martiana Larasati, SpOG menjelaskan, hubungan seksual sesame jenis justru lebih berbahaya.

“Kalau sesame perempuan biasanya menggunakan alat bantu, sedangkan kalau sesama laki-laki biasanya melalui anus. Nah ini justru rawan penyakit menular seksual, bahkan bisa terkena HIV/AIDS,” kata dokter spesialis kandungan itu saat menjadi narasumber pada seminar tersebut.

Dr Martiana menjelaskan tentang seputar Kesehatan Reproduksi.

“Termasuk kalau keputihan yang berlebihan, menstruasi yang tidak teratur, ada yang menstruasi terus menerus, atau justru yang tidak teratur, wajib untuk diperhatikan,” paparnya.

Sementara itu, dr Novera Pembriyani M.BioMed, SpKj pada kesempatan yang sama menjelaskan bahwa permasalahan psikologis yang terjadi pada remaja biasanya karena ada tahapan perkembangan yang terlewati.

“Misalnya, orang yang julid, biasanya karena fase oral yang tidak terpenuhi,” katanya.

Karena ada tahapan-tahapan yang harus dipenuhi, maka Ketika ada anak yang menikah sebelum waktunya akan menimbulkan permasalahan.

“Perkawinan anak bisa memicu terjadinya KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) karena pasangan muda ini belum siap secara finansial, fisik maupun psikologis,” paparnya.

Berita Terbaru