Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OFI Kampanye Orangutan di MIN 2 Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 November 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Orangutan Foundation International (OFI) menggelar kegiatan kampanye dan sosialisasi Karnaval Pekan Peduli Orangutan (KPPO) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Lamandau. Kegiatan karnaval itu rutin diadakan setiap tahun.

“Tujuan dari kampanye orangutan ini, agar semua pihak khususnya anak-anak sekolah bisa sedini mungkin menjaga dan melestarikan kehidupan hutan dan Orangutan,” kata Manager Kampanye OFI Dorprawati Siburian di Nanga Bulik, Minggu, 12 November 2023.

Kini sebanyak 90 persen populasi Orangutan hidup di Indonesia, sementara 10 persen ada di Sabah dan Serawak, Malaysia. Sehingga wajar kalau kita bangga dengan keberadaan orangutan yang hingga kini masih ada di wilayah kita.

Ia menambahkan, OFI juga melakukan edukasi kepada anak-anak sekolah melalui penanaman pohon dengan tujuan mengembalikan hutan sesuai fungsinya dan menjadi rehabilitasi hutan.

“Anak-anak sekolah saya beri dulu pemahaman seperti sosialisasi, berbagai cerita pertama kalinya dilakukan konservasi orangutan oleh Prof. Dr. Birute M.F Galdikas (President OFI) dilanjutkan dengan menyampaikan secara rinci dan jelas kehidupan hutan dan Orangutan,” ujarnya.

Kegiatan ini, tambah dia, terlaksana dan mendapat dukungan penuh dari Pemkab Lamandau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Parawisata, Dinas Lingkungan Hidup, TNI, Media Publik dan Dinas lainnya yang turut mendukung pelaksanaan kampanye Orangutan.

Tidak hanya ke sekolah, giat kampanye ini juga akan digelar di berbagai kantor dan komunitas lingkungan alam. Pihaknya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kabupaten Lamandau untuk tetap menjaga Orangutan dan habitatnya demi generasi mendatang.

“Stop pembunuhan, penyiksaan, pemburuan dan pemeliharaan terhadap orangutan,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Abdul Azid Muttaqin mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari OFI ke MIN 2 Lamandau. Ia memberikan apresiasi serta dukungan kepada OFI untuk terus mengkampanyekan perlindungan bagi orangutan dan habitatnya.

“Saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya, saya turut bangga dengan program kerja OFI, semoga OFI semakin maju dalam program ini,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/j)

Berita Terbaru