Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dandim dan Kapolres Lamandau Pastikan TNI/Polri Netral dalam Pemilu 2024

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 November 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komandan Kodim 1017/Lamandau, Letkol Arm. Ari Sugiharto bersama Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono memastikan TNI dan Polri di daerah setempat netral dalam Pemilu. Hal itu disampaikan saat rapat koordinasi pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

Ari menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI akan netral dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024. Ia menyatakan jika ada prajurit TNI yang kedapatan mendukung salah satu calon, maka akan diberikan sanksi tegas.

“TNI sebagai patriot NKRI harus bisa mengamankan pelaksanaan pemilu 2024 ini agar berlangsung tertib dan lancar. Namanya mengamankan tidak boleh ikut di dalamnya, harus netral sehingga pelaksanaan pemilu ini berlangsung lancar, aman dan damai,” ujar Dandim di Nanga Bulik, Minggu, 12 November 2023.

Dandim kembali menegaskan, jika nantinya ditemukan ada prajurit TNI khususnya dari jajaran Kodim 1017/Lamandau tidak netral dalam Pemilu 2024, sanksi yang diberikan oleh pimpinan sangat berat. Besar harapannya agar Pemilu 2024 ini bisa berjalan dengan lancar dan aman.

“Sanksi atau hukuman yang berlaku bisa sifatnya pidana maupun disiplin. Jadi sanksi sangat berat jika tidak netral dalam Pemilu 2024 ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono juga menjelaskan bahwa Polri siap mengawal dan mengamankan pesta demokrasi lima tahunan itu hingga tuntas sesuai dengan motto Polri ‘Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai menuju Indonesia Maju’.

“Titik kerawan yang ada Kabupaten Lamandau sendiri sudah dipetakan dengan kategori rendah, sedang dan sangat rawan,” bebernya.

Bronto menejelaskan, penentuan kategori sangat rawan ini berdasarkan kesulitan jangkauan akses, dimana desa tersebut masih harus dijangkau melalui jalur sungai dan daerah nya masih blank spot. Untuk TPS dengan kategori rawan, 24 TPS, kategori kurang rawan ada 279 TPS dan kategori sangat rawan ada 4 TPS, yakni di Desa Kina, Desa Jemuat, Desa Karang Mas dan Desa Batu Tambun.

“Dalam melaksanakan pengamanan Pemilu, kami akan menerjunkan kurang lebih 2/3 kekuatan Polres Lamandau untuk pola pengamanan bersama stakeholder terkait,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/j)

Berita Terbaru