Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OF-UK Indonesia Gelar Street Campaign Pekan Peduli Orangutan di CFD Taman Kota Pangkalan Bun

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 12 November 2023 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Orangutan Foundation atau OF-UK Indonesia menggelar kegiatan Street Campaign dalam rangka peringati Pekan Peduli Orangutan (Orangutan Caring Week) di kawasan Taman Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Minggu, 12 November 2023. 

OF-UK Indonesia berkolaborasi bersama (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) BKSDA Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Tanjung Puting (BTNTP), Dinas Pertanian (Distan) Kobar, Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kobar.

Kegiatan street campaign tersebut diikuti para pelajar tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Kobar sebagai dukungan terhadap upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian alam, rumah bagi Orangutan dan fauna lainnya.

"Meningkatkan kepedulian masyarakat umum dan pelajar tentang pentingnya Orangutan dan habitatnya," tutur Communication Officer OF-UK Indonesia, Puspa.

Lanjut, ia mengungkapkan melalui kegiatan street campaign di Car Free Day (CFD) pada hari Minggu ini, secara tidak langsung mengenai masyarakat luas sehingga mereka akan terbuka terhadap kelestarian Orangutan. 

"Kebetulan hari ini di CFD pasti banyak pengunjungnya kami berharap masyarakat dapat peduli lagi, mereka lebih raising awareness tentang Orangutan dan habitatnya. Jadi yang awalnya mereka tidak paham jadi lebih terbuka dan lebih mendapat Spotlight  bahwa ada Orangutan yang mesti kita jaga kelestariannya," ungkapnya.

Kemudian, GIS Spesialis OF-UK Indonesia, Iqbal menambahkan bahwa dalam habitatnya kondisi Orangutan khususnya di Kalimantan masih tergolong aman.

"Kalau dalam habitatnya sendiri, Orangutan masih tergolong aman karena khususnya habitat di Kalimantan ini tidak terlalu banyak ancaman lingkungan," ujarnya.

Namun, OF-UK Indonesia ke depannya akan terus berupaya menjaga dan mengurangi potensi danger yang sangat membahayakan habitat Orangutan itu sendiri.

"Saat ini kita bersama pemerintah berupaya untuk melakukan sosialisasi ini, setidaknya dapat mengurangi dari critical in danger," ucap Iqbal.

Berita Terbaru