Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Kapuas Berlangsung Khidmat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 November 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kabupaten Kapuas berlangsung khidmat, bertempat di halaman kantor Bupati Kapuas, Senin, 13 November 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Septedy bertindak selaku inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kontrak Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pejabat Eselon II, III, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Soemarno Sosroadmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo dan para Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Kapuas, UPT Labkesda dan seluruh perangkat yang berada dibawah Dinas Kesehatan Kapuas.

Dalam sambutan Menkes RI yang dibacakan oleh Septedy menyampaikan, Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara, bangsa Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari Middle-Income Trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia emas 2045. 

Menusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu, karenanya tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 yaitu, “Tranformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” mutlak dilaksanakan.

“Setiap orang berhak memperoleh Kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan Kesehatan yang layak. Itulah amanat UUD 1945 bagi kita, berdasarkan mandat itulah enam pilar transformasi Kesehatan penopang system Kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus,” kata Septedy.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan Pemerintah kini sedang Menyusun rencana induk bidang Kesehatan (RIBK), yang akan berfungsi sebagai Haluan bersama dalam upaya pembangunan Kesehatan diseluruh Indonesia. 

“Pesan saya, RIBK harus diacu oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program Kesehatan wilayahnya,” ucapnya 

Adapun keenam pilar tersebut antara lain, Tranformasi Layanan Primer, Tranformasi Layanan Rujukan, Tranformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Tranformasi Pembiayaan Kesehatan, Tranformasi SDM Kesehatan dan Tranformasi Teknologi Kesehatan.

“Tak lupa saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun Kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita. Mari kita bangun bersama tubuh dan juwa yang sehat dan kuat demi Indonesia emas 2045,” pungkasnya.

Berita Terbaru