Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pneumonia Ancaman Kematian Pada Anak, Kadinkes Kalteng Kenalkan Gejalanya

  • Oleh Marini
  • 13 November 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pneumonia adalah penyakit yang kerap menjadi ancaman pada anak-anak, terutama di bawah usia 2 tahun.

Pneumonia penyakit yang perlu diwaspadai oleh orang tua karena dapat menyebabkan gangguan serius bahkan kematian apabila tidak segera ditangani. 

Maka perlu untuk para orang tua bahkan petugas kesehatan mengenali gejalanya. Sebab, kasus kematian mencapai 30 persen secara rentang nasional.  Di Kalimantan Tengah (Kalteng) sendiri saat ini Pneumonia sudah mencapai 10 persen. 

Untuk itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng gencar melaksanakan edukasi dan sosialisasi ke fasilitas kesehatan kabupaten/kota.

"Gejala awalnya itu batuk pilek. pneumonia yang menyerang anak dapat disebabkan oleh berbagai macam virus, bakteri, atau jamur," kata Kadinkes Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul, Minggu, 12 November 2023.

Kondisi Pneumonia kata Suyuti, terjadi ketika paru-paru anak mengalami peradangan atau infeksi. Kondisi ini biasanya diawali dengan infeksi pada saluran pernapasan atas, seperti hidung dan tenggorokan.

Infeksi tersebut kemudian menuju paru-paru dan menyebabkan penumpukan cairan, sehingga mengakibatkan aliran udara di dalam paru-paru tersumbat. Pada kondisi ini, napas anak akan menjadi semakin berat hingga mengalami kesulitan dalam bernapas.

"Hal ini menjadi konsen kita, Pneumonia asal segera diobati maka kasus kematian pada anak dapat teratasi. Salah satu tanda Pneumonia itu ada tarikan dinding dada saat menarik nafas. Itu suatu tanda yang kita ajarkan pada petugas lapangan agar waspada dan langsung diatasi," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru