Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nunu Andriani : Huma Betang Kekayaan Intelektual Suku Dayak

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 14 November 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani menghadiri sekaligus meresmikan bangunan Huma Betang Pulang Pisau, Selasa, 14 November 2023.

Ia mengatakan, semua orang tentu tau nilai luhur persatuan dalam keberagaman yang telah dituliskan oleh para pendahulu lewat falsafah huma betang.

"Lebih tepatnya, falsafah Huma Betang merupakan kekayaan intelektual lokal suku dayak yang terinspirasi dari rumah adat," ucapnya.

Ia menjelaskan, sesuai amanat UUD 1945 pasal 32 ayat 1, Negara memajukan kebudayaan Nasional Indonesia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya.

"Maka Pemerintah Daerah Pulang Pisau telah melaksanakan amanat tersebut melalui pemugaran cagar budaya, pembangunan balai adat yang salah satunya melaksanakan pembangunan Huma Betang sejak Tahun 2018 yang lalu," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam hal ini pemerintah daerah berharap kelak Huma Betang tersebut menjadi pusat pelestarian kebudayaan dayak. Sehingga, para generasi muda akan terus menghargai dan menjunjung tinggi budaya leluhurnya.

"Dengan ini, kita juga dapat memperkenalkan keindahan budaya suku dayak kepada pihak-pihak lainnya," tutupnya. (M PRADILA KANDI/H)

Berita Terbaru