Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 16 November 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur mengimbau masyarakat untuk waspada karena ular sering masuk rumah saat musim hujan.

"Karena hujan akhir-akhir ini memang ular sering masuk ke rumah warga atau permukiman," kata Kepala Disdamkarmat Kotim Hawianan, Kamis, 16 November 2023.

Dia mengatakan, penyebabnya karena sarang ular terendam hujan dan habitat rusak saat kebakaran. Juga faktor sifat alamiah ular yang tidak bersarang di satu tempat. Ular berpindah pindah dan tidak berkumpul dengan anaknya, bahkan setelah telurnya menetas reptil itu berpencar dari anaknya untuk bertahan hidup.

Lanjutnya, tumpukan sampah dan tumpukan barang menjadi tempat favorit ular berlindung karena tempatnya hangat. Sehingga pihaknya mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan permukiman dan di dalam rumah.

"Saat ini paling banyak kemunculan ular sanca lalu kobra dan king kobra," ujarnya.

Lanjutnya, Disdamkarmat Kotim membantu warga mengevakuasi reptil itu. Pihaknya membekali tim dengan latihan Animal Rescue teknik handling ular dari non Venom, medium Venom dan high venomous.

"Kalau memang membutuhkan tenaga kami untuk evakuasi ular itu gratis tidak dipungut biaya," kata dia. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru