Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Kunjungi Pasien DBD di RSUD dr Murjani Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 17 November 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini mengalami peningkatan, Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengunjungi pasien DBD di RSUD dr Murjani Sampit.

"Hari ini saya menjenguk beberapa anak-anak kita yang terkena DBD, dan hasil lab juga membuktikan terkena DBD, tapi Alhamdulillah RS disini baik personel atau SDM maupun peralatan dan obat-obatan siap untuk memberikan pelayanan dengan baik," kata Halikinnor.

Dia memberi motivasi anak-anak yang sedang menderita DBD didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Asisten I Sekretariat Daerah Rihel, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Umar Kaderi.

Berdasarkan data Dinkes Kotim, kasus DBD mulai mengalami peningkatan signifikan pada bulan Oktober yakni 123 kasus atau meningkat dari bulan September yang hanya tercatat 67 kasus. Sementara selama Januari hingga awal November 2023 tercatat 441 kasus. 

"Harapan kita dengan mulai ada peningkatan penyakit DBD ini saya mengimbau seluruh masyarakat agar supaya betul-betul menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Dia mengajak masyarakat untuk menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Seperti membersihkan wadah atau kaleng-kaleng yang berisi genangan air dan menguras bak mandi. Karena jentik-jentik nyamuk hidup dalam air bersih yang tidak mengalir.

"Karena kalau kita melaksanakan fogging saja itu hanya membunuh nyamuk dewasa sementara yang jentik-jentik ini berkembang biak hanya dalam beberapa hari mereka berkembang lagi," katanya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru