Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

dr Muhammad Rizal Ingatkan 6 Ancaman Kesehatan Akibat Kurang Memeriksa Tekanan Darah

  • Oleh Pathur Rahman
  • 18 November 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Pahandut, dr Muhammad Rizal, mengingatkan masyarakat akan enam ancaman serius terkait kesehatan yang dapat terjadi jika tekanan darah tidak dicek secara rutin.

Dalam penjelasannya, dr Muhammad Rizal menyebutkan enam kondisi yang berpotensi terjadi akibat kurangnya pemantauan tekanan darah, antara lain penyakit jantung, stroke, masalah pada ginjal, gangguan serebral otak, kerusakan retina (retinopati), dan masalah pada pembuluh darah tepi.

Untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko berbagai penyakit tersebut, masyarakat diimbau untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin di fasilitas layanan kesehatan terdekat. 

"Disarankan untuk melakukan pemeriksaan setidaknya seminggu sekali atau paling tidak tiga hari sekali guna mencegah hipertensi serta menghindari risiko yang berkaitan dengan tekanan darah yang tidak terkontrol," Katanya, Sabtu, 18 November 2023.

Langkah sederhana ini diharapkan mampu memberikan kesadaran lebih kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

"UPTD Puskesmas Pahandut berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan layanan kesehatan kepada masyarakat demi menjaga kualitas hidup yang lebih baik," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru