Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Barito Utara ada 22 Bumdes yang Tidak Lagi Menjalankan Usahanya

  • Oleh Ramadani
  • 18 November 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, Drs Jufriansyah mengatakan, di Kabupaten Barito Utara, terdapat 77 BUMDesa dan 9 BUMDesma. Dari 77 BUMDesa tersebut, terdapat 22 BUMDesa yang tidak lagi menjalankan usahanya atau tidak aktif lagi. 

Hal ini dikatakan Plt Sekda Jufriansyah melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Hery Jhon Setiawan pada pembukaan Bimtek pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma), di aula BappedaLitbang, Sabtu, 18 November 2023.

“Ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah kurangnya pemahaman dalam pengelolaan usaha, kurangnya pemahaman mengenai tugas dan fungsi dalam kepengurusan BUMDesa dan BUMDesma, belum tersusunnya pengelolaan keuangan yang baik serta tidak berkembangnya unit-unit usaha baru pada BUMDesa dan BUMDesma itu sendiri,” kata Hery Jhon Setiawan. 

Kemudian, sebagaimana hasil pemeringkatan yang dilakukan secara mandiri oleh Dinas Sosial PMD yang bekerjasama dengan TAPM Kabupaten Barito Utara, bahwa dari 77 BUMDes yang ada di Kabupaten Barito Utara, hanya ada 1 BUMDesa dan 1 BUMDesma berstatus “Maju”.

Sedangkan 4 BUMDesa, statusnya “Berkembang” dan sisanya masih berstatus perintis dan pemula. 

Oleh karena itu,  melalui kegiatan bimtek ini, ia berharap dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas pengurus serta memberikan pemahaman dalam menjalankan dan mengembangkan BUMDesa dan  BUMDesma sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya berharap agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya dapat mengimplementasikan berbagai pengetahuan yang telah diperoleh, dalam mengelola BUMDesa/BUMDesma masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Hj Neti Kumala Dewi mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pengurus BUMDes dan BUMDesma dalam mengelola BUMDes dan BUMDesma.

Selain itu, memberikan pemahaman yang sama bagi para pengurus dalam mengelola BUMDes dan BUMDesma serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam kegiatan bimtek ini, diikuti 132 orang dari 30 BUMDes dan 3 BUMDesma. Masing-masing BUMDes dan BUMDesma terdiri atas penasehat, direktur, sekretaris dan bendahara. (RAMADHANI/Y)


TAGS:

Berita Terbaru