Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pendidikan Barito Timur Buka Pengimbasan BOS Kinerja Prestasi di SMPN 1 Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 November 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur, Sabai, membuka Kegiatan Pengimbasan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja Prestasi di SMP Negeri 1 Tamiang Layang, Senin, 20 November 2023.

Dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut, Sabai mengungkapkan, SMP Negeri 1 Tamiang Layang adalah salah satu dari 3 sekolah di Barito Timur yang memperoleh BOS Kinerja sekolah berprestasi tahun 2023. Sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Tengah hanya ada 2 sekolah yang berprestasi tingkat nasional, yaitu SMP Negeri 1 Tamiang Layang dan SMPN 2 Pangkalan Bun Kabupaten Kota Waringin Barat.

"Prestasi yang dinilai oleh kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) adalah prestasi akademik dan non akademik yang diraih oleh sekolah baik prestasi yang diraih oleh guru maupun prestasi yang diraih oleh siswa di bidang olahraga, riset dan teknologi serta bidang seni dan budaya," ungkapnya.

Sabai menjelaskan, setiap pemenang lomba dan kegiatan yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan, minimal di tingkat provinsi, akan diberikan poin. Setiap poin akan dikonversikan dengan jumlah hadiah dalam bentuk uang pembinaan.

"Hadiah tersebut dialokasikan untuk dua kegiatan di sekolah, yaitu pembinaan prestasi di sekolah dan pengimbasan kepada sekolah imbas. Sekolah imbas dipilih dan ditentukan oleh sekolah pengimbas yang akan berbagi tips dan pengalaman yang akan ditularkan ke sekolah lain dalam zonanya," tutur Kadis Pendidikan.


Dia menambahkan, sekolah pengimbas diwajibkan membagikan praktik baik dalam bentuk pengimbasan. "Selamat kepada SMP Negeri 1 Tamiang Layang yang telah mengharumkan nama Kabupaten Barito Timur sampai ke tingkat nasional. Semoga ke depannya prestasi ini dapat
dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi," ucap Sabai memberi selamat.

Tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada para siswa yang telah menorehkan prestasi serta kepada pihak sekolah yang telah membina mereka, sehingga mampu meraih prestasi membanggakan.

"Terima kasih juga kepada pihak sekolah yang telah berbagi praktik baik kepada sekolah lain yang diwujudkan dalam bentuk program pengimbasan ini. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat memotivasi sekolah-sekolah lain yang ada di Barito Timur untuk berlomba-lomba meningkatkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik, sehingga kualitas pendidikan di Barito Timur lebih baik lagi dan terus meningkat," ucap Sabai.

Menurutnya, Dinas Pendidikan Barito Timur sebagai penanggung jawab bidang pendidikan, akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam menyediakan dan memfasilitasi semua kegiatan yang berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan pada bidang pendidikan.

Selain itu, peningkatan mutu pelayanan pendidikan menjadi fokus utama dalam mewujudkan Kabupaten Barito Timur yang lebih baik di bidang pendidikan.

"Dinas pendidikan akan selalu siap memantau dan mengikuti serta memfasilitasi semua kegiatan di bidang pendidikan di Barito Timur," tandas Sabai.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan Pengimbasan BOS Kinerja Prestasi di SMPN 1 Tamiang Layang tersebut Kabid SMP Dinas Pendidikan Barito Timur, pengawas pembina, Kepala SMPN 1 Tamiang Layang dan dewan guru serta tamu undangan lainnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru