Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Telur Ayam Ras di Sampit Naik, Pedagang Sebut Bukan Karena Jelang Nataru

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 20 November 2023 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga telur ayam ras di Sampit mengalami kenaikan. Pedagang menyebut kenaikan itu bukan karena mendekati natal dan tahun baru (nataru).

"Kalau nataru itu tidak pengaruh, kemarin sempat turun lalu ada bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah sehingga mempengaruhi kenaikan harga telur," kata salah satu pedagang telur di Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Haji Mansyur, Senin, 20 November 2023.

Dia mengatakan, sebelumnya harga telur ayam ras berkisar Rp 52-53 ribu/sap saat ini menjadi Rp 55-56 ribu/sap, atau mengalami kenaikan Rp 3ribu/sap.

Lanjutnya, harga telur ayam ras per ikat saat ini Rp 310 ribu, naik Rp 30 ribu/ikat dari harga sebelumnya.

"Kenaikan harga itu biasanya bertahan hingga 2 minggu setelah adanya bansos," imbuhnya.

Kenaikan harga telur ayam ras yang ia peroleh dari Pulau Jawa itu berdampak penurunan omset 20 persen dari biasanya. Hal itu juga diperkirakan karena masyarakat menerima bansos berupa telur, sehingga tidak membeli telur.

Selain ayam ras, ia juga menjual telur puyuh Rp 40 ribu/sap dan telur ayam kampung Rp 3.000/butir atau Rp85/sap. Kedua jenis telur tersebut memiliki harga relatif stabil. Sementara telur bebek mengalami kenaikan dari harga Rp 3.000/butir menjadi Rp 3.300/butir. Namun kenaikan harga telur bebek tidak memberi dampak besar. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru