Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Pembunuhan di KM Awu Disebut Pejuang Pro-Integrasi di Timor Timur

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 November 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan penuturan keluarga pelaku pembacokan penumpang di KM. Awu yang terjadi saat kapal tersebut berlayar di Laut Jawa, ternyata pelaku yang bernama Sipriano Mario Docarmo merupakan salah seorang pejuang pro- integrasi Timor Timur ke Indonesia saat konflik sebelum berpisahnya mantan provinsi tersebut menjadi negara Timor Leste.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Bayu Wicaksono dalam update kasus yang digelar di Mapolres Kobar, Selasa, 21 November 2023.

"Berdasarkan keterangan pihak keluarga pelaku, yang bersangkutan mengalami trauma bila melihat ada orang banyak dan ada orang yang menggunakan uniform mirip militer," jelas Kapolres.

Menurut Kapolres, trauma tersebut diduga didapatkan pelaku saat konflik yang terjadi sebelum pemisahan Timor Timur menjadi negara sendiri yaitu Timor Leste. 

"Namun hal ini akan kami dalami lagi dari keterangan saksi korban. Tapi hal ini masih menunggu petunjuk tim dokter yang bertanggung jawab menangani cidera korban, lantaran para saksi korban saat ini sedang menjalani perawatan medis," jelas Kapolres.

Kemudian, lanjut Kapolres, pelaku pembacokan yang akhirnya juga meninggal dunia di tempat akibat amuk massa di dalam kapal tersebut, dari manifes penumpang tercatat menaiki kapal tersebut melalui pelabuhan Kupang.

"Secara resmi pelaku tercatat sebagai penumpang dan membeli tiket serta memiliki nomor seat. Artinya rumor bahwa kejadian ini dilatarbelakangi rebutan tempat tidur tidak terbukti. Pelaku tersebut bersama koleganya bermaksud menuju Kabupaten Lamandau untuk bekerja dengan keluarganya" jelas Kapolres. (WAHYU KRIDA/j)

Berita Terbaru