Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Optimalisasi Pelayanan Samsat Secara Merata

  • Oleh Donny Damara
  • 22 November 2023 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mendorong pemda untuk dapat mengoptimalisasi pelayanan samsat secara merata di wilayah provinsi ini.

Menurutnya, pelayanan samsat harus bisa menjangkau daerah pelosok agar pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor dapat lebih maksimal digali, sebab sektor ini sangat potensial.

"Jaringan pelayanan samsat sebisa mungkin diperluas dengan membuka layanan samsat pembantu baik di kecamatan, kelurahan/desa khususnya di wilayah pelosok," ucapnya, Rabu, 22 November 2023.

Kemudahan sangat penting diberikan agar masyarakat dapat taat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Sebab, di daerah pelosok banyak hambatan yang membuat masyarakat kurang taat dalam membayar pajak.

"Akses yang jauh menjadi salah satu kesulitan bagi masyarakat pelosok, sebenarnya jika pemda memberikan kemudahan maka masyarakat akan patuh dalam membayar pajak kendaraan mereka," ujarnya.

Selain itu, samsat juga bisa lebih memanfaatkan serta memaksimalkan mobil samsat keliling untuk menggali potensi PAD dari pajak kendaraan bermotor ini. Mobil samsat keliling harus bisa menjangkau daerah pinggiran.

"Salah satu sumber pendapatan terbesar itu dari sektor pajak, berapa banyak orang yang sudah memakai kendaraan, sehingga potensi ini harus dioptimalisasi agar PAD meningkat dan pembangunan bisa terus berjalan," pungkasnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru