Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DisdagkopUKM Barito Timur Serahkan Bantuan Alat Pengemasan untuk Komunitas UMKM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 November 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM atau DisdagkopUKM Kabupaten Barito Timur menyerahkan bantuan alat pengemasan berupa Vacuum Sealer (penyegel vakum) dan Impulse Sealer (penyegel impuls) kepada dua komunitas UMKM, di Tamiang Layang, Rabu, 22 November 2023.

Penyerahan bantuan tersebut dirangkai dengan kegiatan pendampingan, perlindungan, penguatan serta pelatihan pengemasan dan label produk UMKM.

Kabid Bina UKM DisdagkopUKM Barito Timur Rini Agustina menuturkan, komunitas UMKM yang mendapatkan bantuan alat pengemasan yaitu Komunitas Kreatif Jari Janang (KKJJ) dan Komunitas Kreatif Dusun Tengah (KKDT).

"Karena bantuan alat ini terbatas jumlahnya maka dibagikan ke kelompok agar bisa digunakan bersama. Pendampingan dan pelatihan hari ini juga sekaligus mempraktekkan penggunaan alat tersebut," jelasnya.

Menurut Rini, bantuan alat pengemasan yang diberikan DisdagkopUKM bertujuan agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan nilai produk dengan pengemasan yang baik serta membuat produk menjadi lebih tahan lama dan tampilannya menarik saat dijual.


"Kami berharap dengan pengemasan yang baik, produk-produk dari komunitas ini jangkauan penjualan juga semakin luas dan omsetnya meningkat," ujarnya.

Sementara itu Ketua KKJJ Yeryana menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah melalui DisdagkopUKM meskipun untuk memenuhi kebutuhan komunitas bantuan alat tersebut belum cukup.

"Terima kasih kepada pemerintah daerah, paling tidak dengan bantuan alat pengemasan ini dapat menginspirasi anggota komunitas agar mengemas produk dengan lebih baik. Kalau untuk memenuhi kebutuhan komunitas memang ini masih kurang karena anggota kami ada puluhan dan rata-rata membuat produk sendiri di rumah masing-masing," ungkapnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru