Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Terus Berupaya Cegah Penularan DBD

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 23 November 2023 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tercatat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) bulanan per Puskesmas se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ditemukan 10 kasus pada November 2023. 

Kemudian, tercatat ada 41 kasus pada bulan Agustus 2023, sebanyak 39 kasus bulan September 2023, dan ditemukan 46 kasus DBD pada bulan Oktober 2023.

Di mana didominasi oleh anak-anak, remaja hingga dewasa mulai usia 5 - 11 tahun sebanyak 30 persen, 0 - <5 tahun sebesar 20 persen,12 - 16 tahun sebanyak 19 persen, dan 26 - 35 tahun sebesar 8 persen. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar, Achmad Rois melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Jhonferi Sidabalok mengatakan dalam bulan November 2023 ditemukan juga sekitar 30 kasus DBD baik yang sedang dirawat maupun sudah selesai perawatan. 

"Adanya perubahan musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya bahwa DBD siklusnya naik karena nyamuk Aedes Aegypti punya waktu untuk berkembang biak," ujarnya, Kamis, 23 November 2023.

Ia mengungkapkan, faktor yang penyebab penularan DBD ke anak-anak sekolah bisa jadi karena adanya genangan air di tempat ataupun wadah disekitarnya, seperti botol, kaleng bekas, maupun sampah-sampah yang menampung air.

Kabid P2P, Jhonferi Sidabalok menyampaikan bahwa masyarakat dapat melakukan gerakan 3M, yaitu Menguras, Menutup, Mendaur Ulang. Sebab, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa sebanyak 30 persen saja. 

Sehingga upaya memutuskan rantai penularan virus Dengue tersebut harus melibatkan semua anak-anak maupun masyarakat di daerah tersebut dengan gotong royong bersama secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. 

"Misal kalau hari ini dilaksanakan tapi minggu depan tidak ada maka telur nyamuk yang sudah bertelur akan menetas dan berkembang biak menjadi nyamuk sehingga menularkan virusnya lagi," jelasnya. 

Seperti gerakan bersama masyarakat oleh Dinkes Kobar pada Kamis, 16 November 2023 lalu di Kecamatan Pangkalan Lada yang dihadiri seluruh kepala desa dan masyarakat.

Berita Terbaru