Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Carbon Trading Mulai Berkembang di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 November 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kalteng, Rahmat Nasution Hamka mengatakan, carbon trading atau perdagangan carbon sudah mulai berkembang di Kalteng.

“Di Kalteng, beberapa daerah sudah melaksanakan carbon trading meskipun belum terlalu terpantau,” ujar Rahmat Nasution Hamka saat rangkaian kegiatan rangkaian pengukuhan dan Rapimprov Kadin Kalteng di Ballroom Luwansa Hotel Palangka Raya, Kamis, 23 November 2023.

Ia menjelaskan, ada sebuah bursa karbon yang telah dibuat sejenis dengan bursa efek, di sana karbon akan ditawarkan.

“Carbon trading sebenarnya sudah lama ada dan awalnya merupakan kerja sama antarpemerintah dan pemerintah di luar negeri,” ujarnya.

Namun, diakuinya, saat ini, carbon trading sudah berkembang menjadi transaksi bisnis antara satu perusahaan dengan perusahaan lain atau B2B.

Dikutip dari ICDX, perdagangan karbon merupakan kegiatan jual beli kredit karbon (carbon credit), dengan pembeli menghasilkan emisi karbon yang melebihi batas yang ditetapkan.

Kredit karbon adalah representasi dari ‘hak’ bagi sebuah perusahaan untuk mengeluarkan sejumlah emisi karbon atau gas rumah kaca lainnya dalam proses industrinya. Satu unit kredit karbon setara dengan penurunan emisi 1 ton karbon dioksida (CO2). (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru