Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Proses Pemilihan PAW Kades Telaga Baru Diwarnai Kekecewaan, ini Penjelasan Camat MB Ketapang

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 28 November 2023 - 08:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Proses pemilihan pengganti antar waktu (PAW) kepala desa (kades) Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang (MB Ketapang), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diwarnai kekecewaan dan diterpa isu kades dinasti.

"Dari 7 orang yang mendaftar ada 4 orang yang harus gugur. Dari 4 orang ini ada yang kecewa itu wajar manusiawi," kata Camat MB Ketapang Eddy Hidayat Setiadi, Senin, 27 November 2023.

Kekecewaan tersebut memunculkan sejumlah anggapan, pertama salah satu calon PAW kades dianggap dinasti karena ada hubungan keluarga dengan mantan kades sebelumnya. Padahal pencalonan tersebut murni keinginan diri sendiri untuk membangun desa.

Kedua, ada asumsi bahwa pemilihan PAW terlaksana kurang netral karena salah satu panitia ialah caleg. Eddy meluruskan bahwa pada Peraturan Bupati nomor 14 tahun 2017 tidak larangan.

Ada pula yang mengatakan bahwa salah satu calon PAW Kades yang terpilih adalah anggota DPD aktif. Padahal dalam peraturan hal itu diperbolehkan, dengan syarat setelah dinyatakan terpilih yang bersangkutan harus mengundurkan diri. Yang bersangkutan pun juga sudah mengundurkan diri saat mengajukan berkas.

"Itu yang kita luruskan supaya masyarakat memahami dan tidak termakan isu tidak benar agar kamtibmas tetap terjaga," tandasnya.

Pemilihan PAW Kades Telaga Baru masih berlangsung dengan 3 calon yaitu Saiful, Nur Firmansyah, dan Rahmad Sugianto.

Pemilihan berlangsung di Kantor Desa Telaga Baru dengan 158 pemilih terdiri dari tokoh masyarakat, RT/ RW, anggota BPD dan LPMD. Namun dari total pemilih tersebut hanya 139 orang yang hadir. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru