Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kecamatan Bataguh Kembali Gelar Bimtek Bagi BPD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 November 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kecamatan Bataguh kembali menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) bagi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sejumlah desa, bertempat di Aula kantor kecamatan setempat.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan tugas pokok dan fungsi serta menambah semangat dengan meningkatkan kinerja.

Camat Bataguh, Syuryadin mengatakan diadakannya Bimtek ini adalah upaya dalam memberikan pembekalan kepada pemerintahan desa dalam hal ini adalah BPD untuk lebih tahu, lebih memahami akan tugas dan mengetahui juga pedoman tugasnya.

"Setelah mengikuti Bimtek diharapkan akan dapat bekerja dengan baik dan sinergis dengan pemerintahan desa lainnya, seperti Kades dan perangkat desa, organisasi yang ada di desa serta membantu kemajuan desa untuk mencapai kesejahteraan bersama," katanya, Selasa, 28 November 2023.

Ditambahkan camat yang paling penting adalah BPD dapat melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan evaluasi dilakukan berdasarkan prinsip demokratis, responsif, transparansi, akuntabilitas dan objektif.

Adapun Bimtek ini pemateri dari Dinas PMD Kapuas yang menyampaikan tupoksi BPD, kewenangan dan larangan, hak kewajiban sesuai dengan Permendagri 110 tahun 2016 yang merupakan keseluruhan materi permasalahan BPD dan materi lainnya.

Salah satu peserta Bimtek, yaitu Ketua BPD Desa Budi Mufakat, Ansari menyampaikan dengan ikut serta dalam Bimbtek ini, selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, juga mendapatkan pengalaman melalui diskusi bersama sesama anggota BPD dari desa lainnya.

"Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kami. Nanti bisa kita terapkan dalam kegiatan kami di desa," ucap Ansari. (DODI/H)

Berita Terbaru