Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sebut Implementasi Perda Tidak Efektif Tanpa Adanya Sosialisasi

  • Oleh Donny Damara
  • 28 November 2023 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid menyebut implementasi peraturan daerah (perda) tidak akan efektif jika tanpa adanya sosialisasi yang dilakukan.

Oleh karena itu, ia mendorong agar sosialisasi perda yang ada atau yang telah disahkan di DPRD Kalteng supaya dapat lebih digencarkan sehingga bisa diketahui masyarakat luas khususnya di provinsi ini.

"Selama ini ada sejumlah raperda yang masih kurang sosialiasi, diantaranya seperti perda Darkala, sehingga mengakibatkan perda ini belum diketahui oleh banyak masyarakat," ucapnya, Selasa, 28 November 2023.

Perangkat daerah maupun lembaga legislatif harus dapat menggencarkan sosialisasi perda ini beserta pergub yang telah diterbitkan, dan dalam upaya sosialisasi juga perlu didukung anggaran yang memadai.

"Anggaran memadai dalam upaya sosialisasi ini tentu untuk mendukung penyelenggaraan kampanye penyuluhan kepada masyarakat secara luas, dan ini perlu diperhatikan secara bersama-sama," ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi penting dilakukan supaya masyarakat dapat mengetahui keberadaan perda sebagai produk hukum yang telah disahkan oleh lembaga legislatif bersama dengan eksekutif.

"Banyak raperda yang masih belum diketahui oleh masyarakat, ini pekerjaan kita bersama tentunya dalam upaya mensosialisasikannya. Harapan kita sosialisasi itu bisa  lebih dimaksimalkan lagi," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru