Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dokter: Ajarkan Sejak Dini Menabung untuk Beli Sikat Gigi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 November 2023 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dokter Gigi dari Puskesmas Bukit Hindu, drg Vatika Lisnawulan melaksanakan sosialisasi Si Bung PaGi TukKang BeHas atau Aksi Menabung Pasta dan Sikat Gigi, untuk kasinga bersih, kuat dan sehat di TK Tunas Rimba I pada Selasa, 28 November 2023.

"Kita ingin mengajarkan anak-anak sejak ini untuk menabung dari uang terkecil yaitu uang koin Rp100 per hari untuk bisa membeli dan mengganti sikat gigi dengan yang baru setiap 3 sampai 4 bulan sekali," kata drg Vatika dalam sosialisasinya di hadapan anak taman kanak-kanak di bawah yayasan DLH Kota Palangka Raya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi dari UPTD Puskesmas Bukit Hindu dalam mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat. 

"Kami sediakan celengan kecil untuk memotivasi anak-anak supaya rajin menabung. Apalagi harga sikat gigi saat ini kan lumayan mahal. Mungkin kalau untuk menggantinya setiap tiga bulan sekali akan berat, makanya diajarkan untuk menabung dari angka terkecil," ungkapnya.

Menurutnya, mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali memang penting, namun kerap terlupakan karena dianggap sepele.

"Makanya kita ajarkan kepada anak-anak dengan harapan, ini akan tertanam dalam diri anak-anak bahwa perlu untuk mengganti sikat gigi dan supaya tidak berat untuk mengganti, maka mulailah menabung dari uang rupiah yang kecil setiap hari," paparnya.

Sosialisasi ini diapresiasi orang tua peserta didik. Salah satunya, Yosianna. "Masuk saja kelihatannya sosialisasi dari dokter Vatika tadi, langsung dipraktikkan anak," tutur Yosi. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru