Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Intensitas Hujan Meningkat, BPBD Damkar Sosialisasi ke Wilayah Rawan Banjir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 November 2023 - 05:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Pelaksana BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur mengungkapkan, pihaknya mulai melakukan sosialisasi ke wilayah-wilayah rawan banjir untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan serta dampak yang mengiringinya.

"Mengingat kita (Barito Timur) pada minggu terakhir ini intensitas hujan semakin meningkat, kami dari BPBD Damkar melakukan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan intinya menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat terkait dengan dampak yang ditimbulkan dengan datangnya musim hujan," ungkapnya, Rabu, 29 November 2023.

Dia berharap pesan sosialisasi itu juga diteruskan oleh pemerintah kecamatan ke desa-desa khususnya yang memiliki potensi banjir, agar berhati-hati saat terjadi peningkatan curah hujan.

"Jadi masyarakat sudah siap atau melakukan persiapan untuk mengantisipasi terjadinya banjir seperti memindahkan barang-barang atau ternak ke tempat yang lebih aman dari banjir," terang Gazali.

Dia menjelaskan hal-hal yang terkait kebencanaan bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten, namun semua elemen termasuk pemerintah kecamatan dan desa.

"Artinya pemerintah kecamatan maupun desa harus turut ambil bagian mengantisipasi dampak banjir," tegas Gazali.

Pada kesempatan itu Kalaksa BPBD Damkar juga mengimbau masyarakat Barito Timur di desa-desa rawan banjir agar meningkatkan kewaspadaan serta jika terjadi dampak banjir belum bisa diatasi pemerintah desa agar menyampaikan ke BPBD Damkar.

Diketahui Barito Timur memasuki awal musim hujan pada Dasarian I (sepuluh hari pertama) November 2023 dan diprediksi durasi musim hujan berlangsung selama 21 hingga 22 dasarian atau dari bulan November 2023 hingga Mei 2024. Sedangkan puncak musim hujan kali ini diprediksi terjadi pada Januari 2024. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru