Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Dorong Universitas di Kalteng Buat Prodi Khusus Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 November 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Divisi Program Pelayanan pada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Arfie Thahar mengatakan bahwa pihaknya mendorong agar universitas yang ada di Kalimantan Tengah memiliki Program Studi atau Prodi khusus mengenai kelapa sawit.

"Jadi di BPDPKS setiap tahun itu ada pendanaan untuk beasiswa. Tapi khusus untuk berkuliah di Prodi yang berkaitan dengan kelapa sawit," kata Arfie kepada Borneonews pada Rabu, 29 November 2023.

Menurut Arfie, tidak hanya di Kalimantan Tengah, namun di seluruh Pulau Kalimantan memang belum ada perguruan tinggi yang memiliki prodi kelapa sawit.

"Ada 14 perguruan tinggi yang sudah memiliki prodi kelapa sawit dan itu ada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Di Kalimantan belum ada. Bahkan di Kalimantan secara keseluruhan pun belum ada, termasuk Kalimantan Tengah," tuturnya.

Arfie mendorong agar Kalteng yang memiliki perkebunan kelapa sawit cukup luas ini juga bisa memiliki setidaknya satu prodi di setiap daerah.

"Memang mungkin ada kendala untuk pembuatan Prodi, namun kami mendorong setiap wilayah itu setidaknya punya satu. Paling tidak mahasiswa yang berasal dari Kalimantan tidak harus kuliahnya misalnya ke Jawa atau Sumatera dulu yang punya Prodi Kelapa Sawit," tuturnya.(TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru