Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Timur Berharap APDESI Bantu Koordinasi Pemdes dengan Pemkab

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Desember 2023 - 00:28 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nursulistio berharap, dengan terbentuknya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau APDESI Barito Timur definitif, dapat membantu membangun koordinasi yang baik antara pemerintah desa dan pemerintah kabupaten.

Harapan itu disampaikan politisi Partai Golkar itu usai menghadiri pembukaan musyawarah cabang atau Muscab I DPC APDESI Barito Timur di tempat wisata Luaw Banse Desa Jaweten, Kamis, 30 November 2023.

"Dengan terbentuknya APDESI ini kami berharap memudahkan koordinasi dengan Pemda dalam rangka menguatkan pembangunan di Barito Timur," ucapnya.

Nursulistio menilai keberadaan APDESI di Barito Timur sangat besar manfaatnya untuk mewadahi seluruh pemerintah desa dalam berkomunikasi, berkoordinasi bersinergi membantu dan mendampingi pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan desa serta ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur desa.

"Prinsipnya seluruh desa di Barito Timur bertetangga, karena itu kami berharap terjalin komunikasi yang bagus sehingga koordinasi bisa dilaksanakan dengan baik untuk menyamakan persepsi dan menghindari konflik-konflik antar pemerintah desa terutama masalah tata batas desa," ujarnya.

Ketua DPRD mengakui bahwa para kepala desa merupakan mitra DPRD di tingkat desa. Karena itu dia juga berharap terjadi komunikasi yang baik dengan anggota DPRD yang menjadi perwakilan merek dari masing-masing daerah pemilihan atau Dapil.

"Kita punya tiga Dapil, tentu dari setiap Dapil ada perwakilannya masing-masing sehingga kita perlu menjalin komunikasi yang baik. Kemudian dalam Pemilu yang juga segera akan dilaksanakan kami percaya kepala desa bersama masyarakat di desa sudah memiliki pandangan tersendiri tentang figur yang baik sehingga sehingga nanti yang terpilih dapat terus membangun komunikasi yang baik untuk memperjuangkan pembangunan di desa," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD APDESI Kalteng Seger Satria berpesan agar pengurus APDESI Barito Timur yang terbentuk mengajak seluruh kepala desa, BPD maupun perangkat desa lainnya supaya bergabung dalam APDESI. Sebab, APDESI merupakan wadah untuk menuangkan ide-ide dalam memperjuangkan pembangunan di desa sehingga lebih maju dan mandiri.

"Kemudian jalin komunikasi yang baik dengan pemerintah di tingkat kabupaten kecamatan hingga tingkat desa," tandasnya.

Muscab I APDESI Barito Timur dibuka oleh Sekretaris Daerah Panahan Moetar yang ditandai dengan pemukulan gong. Turut hadir Ketua dan Sekretaris DPD APDESI Kalteng, Ketua DPRD Barito Timur, Kasi Intel Kejari Barito Timur, Kapolsek Dusun Timur dan tamu undangan lainnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru