Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus PMK Berdampak Terhadap Ketersediaan Daging Sapi Kalteng

  • Oleh Marini
  • 02 Desember 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kasus Penyakit mulut dan kuku atau PMK berdampak terhadap perkembangan populasi ternak, serta ketersediaan daging sapi yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sunarti membenarkan hal tersebut, contohnya seperti penurunan daya beli masyarakat terhadap daging sapi.

"Ini akibat adanya penyakit yang menjangkiti hewan tersebut," tutur Sunarti, Jumat, 1 Desember 2023.

Ia juga memberitahukan, PMK juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD). Jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae.

"Masa inkubasi dari penyakit 1-14 hari yakni masa sejak hewan tertular penyakit hingga timbul gejala penyakit virus ini," jelasnya.

Ia juga menambahkan, angka kesakitan hewan tertular PMK bisa mencapai 100 persen dan angka kematian tinggi ada pada hewan muda atau anak-anak hewan.

"Ciri-ciri ternak tertular PMK yakni hewan terlihat lemah, lesu, kaki pincang, air liur berlebihan, tidak mau makan, dan mulut melepuh," terangnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru