Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sosialisasi Pembentukan KIM di Gumas Diharapkan Membuka Wawasan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 05 Desember 2023 - 22:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemkab Gunung Mas melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) menggelar sosialisasi pembentukan kelompok informasi masyarakat (KIM) di wilayah setempat.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di aula Hotel Zefanya, Senin, 4 Desember 2023.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi pembentukan KIM ini dapat membuka wawasan kita semua untuk dapat membentuk KIM di wilayah masing-masing," ujar Kepala Diskominfosantik Gunung Mas Ruby Haris, Selasa, 5 Desember 2023.

Dia melanjutkan, bahwa KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Kelompok tersebut secara mandiri dan kreatif mengelola informasi untuk pemberdayaan masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya.

"Peran KIM yakni sebagai fasilitator bagi masyarakat, sebagai mitra pemerintah daerah, sebagai penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat dan lainnya," jelasnya.

Kemudian juga sebagai pelancar arus informasi, sebagai terminal informasi bagi masyarakat desa/kelurahan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik pada Diskominfosantik Gumas Emi Juniati mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan sosialisasi pembentukan KIM yakni untuk mendorong terbentuknya kelompok informasi masyarakat (IKM) di desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

Kemudian Emi menjelaskan bahwa narasumber dari kegiatan tersebut yakni dari pihak Diskominfosantik Kota Palangka Raya dan ketua KIM Bintang Jaya Itah Kota Palangka Raya.

"Untuk saat ini di Kabupaten Gunung Mas baru ada satu kelompok informasi masyarakat yakni di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir dengan nama Usaha Maju dan Mandiri," paparnya. (RISKA YULYANA/j)

Berita Terbaru