Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Kampung Moderasi Beragama di Desa Tamban Luar akan Berlanjut

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Desember 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Program Kampung Moderasi Beragama yang telah dilaunching di Desa Tamban Luar, Kecamatan Bataguh beberapa waktu lalu, masih akan tetap berlanjut.

Diketahui, jumlah penduduk di Desa Tamban Luar, Kecamatan Bataguh yakni 3.026 jiwa. Desa yang dulunya lokasi transmigrasi ini memiliki beragam penganut agama dan suku.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kapuas, Hasbullah mengatakan, keadaan Desa Tamban Luar dengan keberagamannya tersebut, tetap terjalin keharmonisan dan tercipta toleransi. 

"Kegiatan ini akan berlanjut dan tentu akan ada anggaran dana yang di alokasikan untuk itu yang nanti bisa digunakan buat menunjang adanya Kampung Moderasi tersebut," katanya, Rabu, 6 Desember 2023.

Anggaran itu akan dimusyawarahkan dengan desa, baik untuk fisik maupun bentuk kegiatan dan lainya.

Kepala KUA Bataguh, Nasrullah menambahkan, terkait tindak lanjut dari Kampung Moderasi Beragama ini, masih menunggu kabar selanjutnya.

"Sikap moderasi beragama yang akhirnya akan tercipta toleransi antarumat beragama dimana keharmonisan dan keselaras sebagai buahnya sangat dibutuhkan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tamban Luar, Rahmadi sangat mendukung dan menyambut baik adanya kegiatan dari Kemenag ini.  

"Kita akan musyawarahkan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pemerintahan desa, tentu saja adanya bantuan atau alokasi untuk kegiatan itu akan kita atur sesuai porsinya diputuskan melalui pertemuan," tutur Rahmadi. (DODI/Y)

Berita Terbaru