Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Utara Minta Warga Tidak Membuang Sampah di Sungai

  • Oleh Ramadani
  • 07 Desember 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini meminta kepada warga yang berada di bantaran sungai di daerah ini untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Dia menuturkan, masih ada sebagian warga masyarakat di daerah ini yang kurang akan kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan, khususnya di bantaran sungai. 

“Menumpuknya sampah-sampah yang dibuang sembarangan (oleh) oknum masyarakat, khususnya di bantaran sungai, akan mengakibatkan pencemaran lingkungan,” kata Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Kamis, 7 Desember 2023.

Bahkan, kata dia, apabila terjadi hujan yang deras, maka sampah-sampah akan terbawa oleh air hujan hingga terjadi penumpukan di sungai. Kondisi itu dapat pula menimbulkan aroma yang tidak sedap dan berpotensi mengakibatkan banjir.

Sejauh ini, Pemkab Barito Utara melalui dinas terkait sudah sering kali memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bahkan membuat papan pengumuman yang ditempatkan di beberapa tempat yang bertuliskan “Jangan Membuang Sampah Sembarangan, Buanglah Sampah Pada Tempatnya”. 

“Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pemerintah,” kata Hj Mery Rukaini. 

Dia menambahkan, sampah apabila dikelola dengan baik dan benar, akan memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kita ada bank sampah yang mengelola sampah dari masyarakat. Sampah ini akan dipilih dan dipilah mana yang bernilai ekonomi,” kata dia. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru